soal essay informatika bab 2

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

Algoritma adalah langkah langkah untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau persoalan. Perancangan algoritma adalah metode khusus untuk membuat sebuah algoritma.

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

Pseudocode: rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan

Flowchart: diagram yang mewakili kumpulan instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol untuk menggambarkan instruksi yang berbeda-beda.

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

    1. Jalankan program robomind

    2. buka menu file

    3. klik perintah open map

    4. pilih map yang sesuai

    5. masukkan program ke tempat yang disediakan

    6. jalankan program tersebut dengan menekan tombol play

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

variabel adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai

tipe data adalah sebuah nilai dalam pemrograman yang digunakan untuk membuat program dan dapat dimasukkan kedalam variabel

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

    pada scratch: 

    1.Pada tab code, klik blok Variables sehingga blok perintah yang ada di blok Variables akan ditampilkan.

    2. Klik tombol Make a variable. Kotak dialog New Variable akan diampilkan

    3. Beri Nama untuk variable tersebut. Lalu pilih apakah variable tersebut akan digunakan untuk semua sprite atau satu sprite

    4. klik tombol OK.

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

    - Boolean, yang merupakan nilai true atau false

    - Numerik yang merupakan nilai angka

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

    tipe data numerik berisi angka sedangkan tipe data teks berisi huruf, tipe data teks biasanya        menggunakan tanda petik dua pada awalnya sedangkan numerik tidak, angka dapat menjadi tipe data    teks sedangkan huruf tidak dapat menjadi numerik.

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

left

forward(9)

right

forward(3)

paintWhite

Forward(3)

Right

Forward(2)

Right

forward(3)

right

Forward(2)

stopPainting

Backward(3)

right

forward(2)

right

paintwhite

Forward(2)

stoppainting

right

forward(1)

right

Forward(1)

paintwhite

stoppainting

forward(1)

left

forward(1)

left

paintwhite

forward(2)

stoppainting

forward(1)

left

paintwhite

forward(2)

right

forward(2)

right

forward(2)

backward

right

forward(2)

stoppainting

backward(3)

right

backward(1)

paintwhite

forward(3)

backward(2)

stoppainting

right

forward(1)

paintwhite

stoppainting

forward(1)

right

forward(1)

paintwhite

stoppainting

backward(2)

paintwhite

stoppainting

forward(2)

left

forward(1)

left

paintwhite

forward(2)

stoppainting

forward(1)

paintwhite

stoppainting

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

boolean biasa digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

backward(7)

left(1)

forward(12)

right

paintwhite

forward(3)

right

forward(2)

backward(1)

right

forward(3)

backward(3)

left

forward(1)

right

forward(3)

stoppainting

left

forward(1)

paintwhite

stoppainting

forward(1)

left

paintWhite

Forward(3)

Right

Forward(2)

Right

forward(3)

right

Forward(2)

stopPainting

Backward(3)

paintwhite

stoppainting

backward(1)

right

paintwhite

forward(3)

backward(1)

right

Forward(2)

left

forward(1)

backward(3)

left

stoppainting

backward(1)

paintwhite

stoppainting

Comments

Post a Comment