1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritma adalah langkah langkah untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau persoalan. Perancangan algoritma adalah metode khusus untuk membuat sebuah algoritma.
2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
Pseudocode: rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan
Flowchart: diagram yang mewakili kumpulan instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol untuk menggambarkan instruksi yang berbeda-beda.
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
1. Jalankan program robomind
2. buka menu file
3. klik perintah open map
4. pilih map yang sesuai
5. masukkan program ke tempat yang disediakan
6. jalankan program tersebut dengan menekan tombol play
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
variabel adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai
tipe data adalah sebuah nilai dalam pemrograman yang digunakan untuk membuat program dan dapat dimasukkan kedalam variabel
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
pada scratch:
1.Pada tab code, klik blok Variables sehingga blok perintah yang ada di blok Variables akan ditampilkan.
2. Klik tombol Make a variable. Kotak dialog New Variable akan diampilkan
3. Beri Nama untuk variable tersebut. Lalu pilih apakah variable tersebut akan digunakan untuk semua sprite atau satu sprite
4. klik tombol OK.
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
- Boolean, yang merupakan nilai true atau false
- Numerik yang merupakan nilai angka
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
tipe data numerik berisi angka sedangkan tipe data teks berisi huruf, tipe data teks biasanya menggunakan tanda petik dua pada awalnya sedangkan numerik tidak, angka dapat menjadi tipe data teks sedangkan huruf tidak dapat menjadi numerik.
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
left
forward(9)
right
forward(3)
paintWhite
Forward(3)
Right
Forward(2)
Right
forward(3)
right
Forward(2)
stopPainting
Backward(3)
right
forward(2)
right
paintwhite
Forward(2)
stoppainting
right
forward(1)
right
Forward(1)
paintwhite
stoppainting
forward(1)
left
forward(1)
left
paintwhite
forward(2)
stoppainting
forward(1)
left
paintwhite
forward(2)
right
forward(2)
right
forward(2)
backward
right
forward(2)
stoppainting
backward(3)
right
backward(1)
paintwhite
forward(3)
backward(2)
stoppainting
right
forward(1)
paintwhite
stoppainting
forward(1)
right
forward(1)
paintwhite
stoppainting
backward(2)
paintwhite
stoppainting
forward(2)
left
forward(1)
left
paintwhite
forward(2)
stoppainting
forward(1)
paintwhite
stoppainting
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
backward(7)
left(1)
forward(12)
right
paintwhite
forward(3)
right
forward(2)
backward(1)
right
forward(3)
backward(3)
left
forward(1)
right
forward(3)
stoppainting
left
forward(1)
paintwhite
stoppainting
forward(1)
left
paintWhite
Forward(3)
Right
Forward(2)
Right
forward(3)
right
Forward(2)
stopPainting
Backward(3)
paintwhite
stoppainting
backward(1)
right
paintwhite
forward(3)
backward(1)
right
Forward(2)
left
forward(1)
backward(3)
left
stoppainting
backward(1)
paintwhite
stoppainting
Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
ReplyDelete